Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
KONSEP INTERAKSI MANUSIA DAN KPMPUTER.
• Bidang Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).
Adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang mendesain,mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer intetaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
Adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang mendesain,mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer intetaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
• Defenisi Interaksi.
Interaksi dapat diartikan adalah perilaku atau perbuatan yang dilakukan objek tertentu dengan menjalin hubungan 2 arah dengan objek lainnya.
Interaksi dapat diartikan adalah perilaku atau perbuatan yang dilakukan objek tertentu dengan menjalin hubungan 2 arah dengan objek lainnya.
• Defenisi Interaksi Manusia dan Komputer.
Hubungan 2 arah yang dilakukan manusia dan komputer untuk pencapaian tertentu dengan status hubungan dimedisiasi dengan dialog yang bersifat timbal balik.
Hubungan 2 arah yang dilakukan manusia dan komputer untuk pencapaian tertentu dengan status hubungan dimedisiasi dengan dialog yang bersifat timbal balik.
• Prinsip Kerja Komputer.
Prinsip kerja komputer terdiri dari :
Prinsip kerja komputer terdiri dari :
Masukan ==> Proses ==> Keluaran
Masukan dilakukan oleh manusia lewat perangkat masukan berupa huruf dan
angka,yang kemudian diolah komputer dengan hasil keluaran sesuai dengan
keinginan manusia.
• Model Dan Jenis Interaksi Manusia Dan Komputer.
1. Command Line
Interface.
Contoh : Unix,Linux,Dos
Contoh : Unix,Linux,Dos
2. Menu.
Contoh : Seluruh menu yang ada pada setiap aplikasi komputer.
3. Natural Language.
Contoh : Bahasa pemograman tekstuktur.
4. Question and answer and qwery language.
Contoh : Mysql,D.base,Interaktif,dll.
5. Form
Contoh : Excel,Access,Explorer,dll.
6. WIMP.
~ Windows icon menu pointer.
~ Windows icon mouse polldonw menu
Contoh : Seluruh menu yang ada pada setiap aplikasi komputer.
3. Natural Language.
Contoh : Bahasa pemograman tekstuktur.
4. Question and answer and qwery language.
Contoh : Mysql,D.base,Interaktif,dll.
5. Form
Contoh : Excel,Access,Explorer,dll.
6. WIMP.
~ Windows icon menu pointer.
~ Windows icon mouse polldonw menu
Contoh : Scroll Bar,text box,combo box,list view,Table,Palletes,etc.
• Untuk membuat desain interface,disiplin ilmu dasar yang harus kita miliki
adalah :
1. Ilmu komputer dan Tehnik Elektonik.
2. Psikolpgi.
3. Perancangan Grafis dan Tipografi.
4. Ergunomik.
5. Antropologi.
6. Sosiologi.
1. Ilmu komputer dan Tehnik Elektonik.
2. Psikolpgi.
3. Perancangan Grafis dan Tipografi.
4. Ergunomik.
5. Antropologi.
6. Sosiologi.
• Prinsip utama Mendesain Antarmuka (Interface)
1. User Compatibility.
2. Product Compatibility.
3. Task Compatibility.
4. Word Flow Compatibility.
5. Consistensy.
6. Familiarity and Simplicity.
7. Direct Manipulation.
8. Control.
9. WYS IWYG (What you see is what you get).
10. Responsivenees.
11. Protectio
1. User Compatibility.
2. Product Compatibility.
3. Task Compatibility.
4. Word Flow Compatibility.
5. Consistensy.
6. Familiarity and Simplicity.
7. Direct Manipulation.
8. Control.
9. WYS IWYG (What you see is what you get).
10. Responsivenees.
11. Protectio
FAKTOR-FAKTOR IMK
FAKTOR MANUSIA (Pengguna).
Ada tiga faktor utama sistem komputer
yaitu :
- Hardware
- Software
- Brainware
Ketika membangun IMK,aspek manusia terpikirkan dengan matang,tidak hanya memikirkan aspek teknis dari sistem komputer saja.Namun bagaimana cara memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
- Hardware
- Software
- Brainware
Ketika membangun IMK,aspek manusia terpikirkan dengan matang,tidak hanya memikirkan aspek teknis dari sistem komputer saja.Namun bagaimana cara memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
Manusia dipandang sebagai sistem
pemrosesan informasi.
- Informasi/data ditangkap melalui sistem input/output (indra).
- Informasi disimpan dalam ingatan (memori).
- Informasi diolah dan diaplikasikan dalam berbagai cara.
- Informasi/data ditangkap melalui sistem input/output (indra).
- Informasi disimpan dalam ingatan (memori).
- Informasi diolah dan diaplikasikan dalam berbagai cara.
Kapasitas manusia dalam mengolah
data/informasi memiliki reaksi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.Maka
faktor inilah yang harus diperhatikan dalan merancang interface.
Saluran Input Dan output.
Indra yang berhubungan dengan IMK adalah
:
- Indra Penglihatan.
- Indra Pendengaran.
- Indra Sentuhan.
- Indra Penglihatan.
- Indra Pendengaran.
- Indra Sentuhan.
Faktor Indra Penglihatan.
Beberapa hal yang mempengaruhi mata
menangkap data/informasi :
- Luminas (Luminance) pembiasan cahaya.
- Kontras.
- Kecerahan.
- Sudut dan ketajaman penglihatan.
- Medan penglihatan.
- Warna (Aspek, -- psikologi, -- perceptual, -- kongnitif)
- Luminas (Luminance) pembiasan cahaya.
- Kontras.
- Kecerahan.
- Sudut dan ketajaman penglihatan.
- Medan penglihatan.
- Warna (Aspek, -- psikologi, -- perceptual, -- kongnitif)
Faktor Indra Pendengaran.
- Suara adalah salah satu elemen untuk
penyebaran informasi yang secara lengkap lewat proses pendengaran.
- Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang dimediasi oleh udara.
- Batas pendeteksi suara oleh manusia 20 Hertz s/d 20 Kilo Hertz.
- Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang dimediasi oleh udara.
- Batas pendeteksi suara oleh manusia 20 Hertz s/d 20 Kilo Hertz.
Faktor Indra Sentuhan.
- Kulit adalah indra yg dimiliki manusia
yang berfungsi untuk mengenali lingkungan dari sentuhan.
- Sentuhan dikaitkan dalam bentuk media input maupun output.
- Feedback sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyaji dan pengolahan informasi tetapi lebih sebagai perangkat pendukung.
- Sentuhan dikaitkan dalam bentuk media input maupun output.
- Feedback sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyaji dan pengolahan informasi tetapi lebih sebagai perangkat pendukung.
Memori Manusia
Digunakan sebagai tempat
penyimpanan informasi dan dapat disajikan dalam bentuk ingatan.
Jenis-jenis dan fungsi memori :
- Tempat penyaringan (sensor).
- Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek).
- Tempat memproses ingatan (memori jangka panjang).
Sensor Memori
- Iconic. Perhatian Pengulangan
- Echoic. ======> Memori Jangka Pendek. =====> Memori Jangka Panjang.
- Haptic
Keterangan :
- Iconic : Menerima rangsangan penglihatan.
- Echonic : Menerima rangsangan pendengaran.
- Haptic : Menerima ransangan sentuhan.
- Tempat memproses ingatan (memori jangka panjang).
Sensor Memori
- Iconic. Perhatian Pengulangan
- Echoic. ======> Memori Jangka Pendek. =====> Memori Jangka Panjang.
- Haptic
Keterangan :
- Iconic : Menerima rangsangan penglihatan.
- Echonic : Menerima rangsangan pendengaran.
- Haptic : Menerima ransangan sentuhan.
Komentar
Posting Komentar